My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Kamis, 13 Oktober 2011

Bali..Im really in love

Sejak tgl 10 - 13 Oktober ini aku baru kembali dari PKL di Bali. Agenda utamanya visit company di BPPT Keramik dan Industri Bola Balon Kaca, agenda tambahannya of course,,visit to some beautiful beach dan pusat oleh2 di Bali.
Di BPPT Keramik Bali ditunjukkin gimana mengolah bahan mentah sampe jadi keramik. Ada lab juga untuk meneliti kandungan dan formula yang tepat untuk membakar tanah liat dan campurannya jadi guci2 dan patung2 yang keren. Dan yang mengagetkan, lumpur Lapindo juga diteliti untuk dijadikan keramik, walau belum dipastikan kandungan dan keamanannya, Tapi sudah dibuat beberapa contoh keramiknya. Kalau di Industri bola kaca, bakalan ngeliat hasil seni kaca yang aneh2. Benar2 pulau eksotik deh.
Yang paling menggelitik adalah beberapa cinderamata bali berupa (maaf) "barang" laki2 atau "barang" perempuan. bahkan ada patungnya dalam ukuran yang besar. Mau ga dilihat juga pasti kelihatan. Nah disini tanpa mengurangi rasa hormat, aku tanya ke tour guidenya, Beli Wayan tentang hal tsb, kata beli wayan itu memang seni yang dimiliki Bali, beraliran bebas, artistik dan eksotis. Banyak turis suka dan terkadang mereka menjadikannya sebgai lelucon sesama turis.
Selain itu ada yang agak bikin deg2an di Bali yaitu sesajen yang ditaruh di tanah. Bisa kita jumpai dimana2. Karena sesajen itu tidak boleh diinjak dan kalo diinjak akan menyebabkan hal2 yang tidak diinginkan. Aku sebagai orang awam, akhirnya kalo jalan liat ke bawah terus untuk menghindari kalo2 ada sesajen di tanah.Yah apapun yang ada di Bali, kita sebagai pengunjung wajib menghormati adat istiadat yang sudah mendarah daging disana.
Dan jika dihayati, benar bahwa Bali disebut sebagai pulau Dewata karena nuansa keagamaan di Bali begitu kental terasa. Kebetulan kemarin adalah bulan purnama yang menandakan hari suci bagi warga Bali. Disana diadakan perayaan walaupun rombongan fakultas ekonomi Unesa tidak bisa melihat secara detail upacaranya tapi kita bisa merasakan sensasi religi disana. Ketika di pasar Sukawati, sebelumnya beli wayan bilang para pedagangnya kmarin mengadakan upacara, dan disaat aku masuk ke gerbang pasar Sukawati, bau dupanya sangat kuat. Begitu membekas dalam kenangan yang memang terasa eksotik sekali, didukung dengan penduduknya yang masih ada yang memakai baju khas Bali, Di depan setiap rumah pasti ada pura kecil dan patung patung serta ukiran2 menghiasi sepanjang perjalanan kita.
Kekhasan Bali masih ditambah lagi dengan pantainya yang luar biasa indah. Kemarin kita mengunjungi pantai Kuta, Sanur dan Dreamland. Banyak bule disana. Tapi menurutku Kuta lah yang paling berkesan di hatiku. walau waktu SMP pernah kesana, tapi baru kali ini aku berani minta foto bareng bule2 disana. Ada pilot asal Belanda, Family with they little cute baby boy-nya yang brasal dari New Zealand. Trus ada bule2an coz kukira mereka orang Jepang. Udah susah payah ngomong bhs Inggris,  eh ternyata mereka orang Jakarta..jdiieeenggg....tapi ga apalah, yang penting kliatan kayak orang Jepang.Hehehe...
Sanur dan Dreamland juga ga kalah luar biasa dengan kuta...Sayangnya panas matahari bikin ga konsen sama pantainya...Oh ya sekedar tambahan, Dreamland bakalan jadi second Kuta karena sudah diadakan pembangunan untuk mendukung pariwisata disana. Ombaknya yang tinggi adalah pacarnya para peselancar..How lovely!
Dan kalo boleh jujur, itu emang surga bagi bule,,karena mereka benar2 menikmati dan menyerap sinar matahari tapi enggak bagi remaja2 cewek asal Surabaya ini..karena kulit kita yang susah payah dibuat putih bersih harus mengalah dengan kodrat kepigmenan atau dengan kata lain,,kulit kita gosong ciintt...
Tapi di kuta sunset nya Subhanallah indah banget. Banyak orang yang menunggu moment itu sejak siang terik hanya untuk moment sepersekian menit. Begitu juga dengan kita yang dengan rela masuk angin menyebrangi ketapang-gilimanuk untuk melihat fenomena yang disukai turis2 dari penjuru dunia.
Juga yang ga kalah hebohnya adalah sesi belanja2. Kalo boleh jujur, hampir gelap mata di sana kalo soal belanja. aku paling suka dengan baju motif bunga2 yang kebetulan sedang kupakai saat ini..Berasa di pantai..haha, ada juga assesories yang beberapa ga kebeli. Hmm..sedih juga,,tapi kalo ga gitu bakalan lost control dan lupa daratan serta lautan (maksudnya??:-\)
Segitu aja dulu chit chat ttg bali...tar ditambah lagi kalo ada kesempatan..

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Bali..bali..
The mystical island..
bener magis,,,,bisa membuat orang terkesan dengan hal-hal disana,,,

I ♥ BALI → Dikutip dari kaos :)

Stevani Rozalin mengatakan...

wkwkwkwkk..
joger, cening bagus apa sukowati??

Unknown mengatakan...

semuanya...
kan disetiap tempat perbelanjaan disana pasti ada kaos bertuliskan I ♥ BALI :D

Posting Komentar